SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Sabtu, 19 November 2011

PENCARIAN PLANET BARU

                          illustrasi Planet Super Bumi

Selama ini kita kerap bertanya tanya," adakah planet lain seperti planet Bumi "? Bilamana ada, apakah planet tersebut layak untuk huni? Atau apakah planet yang mirip bumi itu ada penghuni nya? Pertanyaan pertanyaan anda semua juga sama dengan pertanyaan pertanyaan para ahli Astronom.

Para ahli Astronom juga menyelediki apakah ada Tata Surya lain di alam semesta yang mirip Bumi. Kemudian para Astronom mengumumkan penemuan 50 planet di sekeliling bintang jauh dan penemuan ini merupakan jawaban dari pertanyaan kalian semua termasuk para astronom.

Penemuan planet berjumlah 50 disebut exo-planet. Exoplanet di temukan dengan memakai teleskop dari amerika selatan. Untuk mencari keberadaan exoplanet, harus menggunakan trik tertentu. Kenapa? Karena lokasinya yang teramat jauh dan juga sangat kecil  dan gelap sekali untuk bisa di foto. Cara nya, yaitu dengan melihat apabila bintangnya bergoyang. Pasti kalian herankan, kenapa bisa begitu?

Jikalau sebuah bintang mempunyai planet, ia akan sedikit merasakan adanya gangguan dari gaya tarik planet tersebut, sehingga membuat bintang sedikit bergoyang. Dengan melihat goyangan bintang tersebut maka para astronom dapat mengetahui ada berapa exoplanet yang mengorbit bintang itu dan berapa massa nya.

Para astronomo menemukan bahwa setengah dari bintang yang mirip matahari punya setidaknya 1 planet yang lebih ringan dari Saturnus. Dan dari 50 exoplanet yang baru ditemukan itu , 16 di antara nya disebut super Bumi yang artinya massa nya satu sampai sepuluh kali massa Bumi. 

Super Bumi, salah satu planet yang paling menarik perhatian yang di temukan para astronom karena ia berada di jarak yg tepat dari bintang untuk punya air dalam wujud cair.

Menurut kalian, apakah planet tersebut berpenghuni? Kita tunggu saja informasi dari para astronom selanjutnya.