SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Senin, 16 Januari 2012

Telah Ditemukan Sebuah Kluster Galaksi Terbesar

Sebuah kluster galaksi terbesar dialam semesta telah di temukan oleh Para Astronom. Teleskop yang mereka gunakan berasal dari Cile, bernama teleskop kosmologi Atamaca. Galaksi itu berukuran dua miliar kali lebih besar dari matahari dan jarak nya tujuh miliar tahun cahaya.

Galaksi itu di namakan El Gordo yang artinya si gemuk. Sesuai dengan ukurannya yang sangat besar sekali. dan di tafsirkan bahwa galaksi tersebut akan beratambah lagi besar nya. Demikian di katakan oleh para astronom pada pertemuan komunitas Astronomi Amerika yang ke 219.

Profesor jack Hughes dari Universitas Rutger mengatakan ," El Gordo berada dalam jarak sekitar tujuh miliar tahun cahaya, dengan meneliti dan memahami El Gordo kita bisa memahami waktu struktur evolusi alam semesta."

Galaksi El Gordo, mewakili sebuah kluster galaksi yang baru separuh nya terbentuk. Dua kali lebih besar di bandingkan galaksi sejenis dalam jarak yang sama. Dua kluster galaksi yang lebih kecil di dekatnya juga ditemukan dan akan membantu pengungkapan usia galaksi raksasa ini. 

Tim astronom kemudian meneliti dengan menggunakan Teleskop Hubble untuk menunjukkan sejumlah proses  pembentukkan galaksi jarak jauh yang di kenal dengan nama protokluster. Cahaya yang terlihat dari El Gordo 
di yakini sudah terbentuk sejak tigabelas miliar tahun lalu di saat alam semesta baru berusia enam ratus juta tahun. 

Michele Trenti dari Universitas Colorado mengatakan," temuan ini sangat luar biasa karena kami menyaksikan  kelahiran sebuah kluster galaksi masa depan."

Di penghujum evolusi spektrum kluster itu, Willian Dawson dan tim Universitas California teleskop Hubble dan Chandra untuk menyaksikan tahap tabrakkan terakhir kluster galaksi yang belum pernah di saksikan sebelumnya.

Dua galaksi terpisah dari dua kluster berbeda saling bertubrukan dan tetap melintas . Namun gas tipis sebagai hasil tumbukan itu tetap berada di tempat tumbukkan. Dawson mengatakan penemuan struktur terbesar di alam semesta merupakan awal untuk dapat mempelajari alam semesta lebih jauh.

Pada akhir nya pengetahuan ini akan mengungkapkan proporsi relatif energi dan materi gelap untuk membantu memperkirakan ukuran El Gordo di kemudian hari.