SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Jumat, 28 Oktober 2011

Ditemukan Sebuah Planet Tertutup Laut Mendidih



Sebuah Tim Astronomi dari Universitas Liege di Belgia, menemukan sebuah planet. Planet air itu memiliki radius sekitar dua kali ukuran bumi. Planet tersebut dalam satu tahun nya hanya berlangsung 18 jam saja. Planet ini bernama 55 Cancri E, planet terdalam yang mengitari bintang seperti matahari. Jarak nya sekitar 40 tahun dari Bumi.


Tim Astronomi yang di pimpin oleh Michael Gillon itu mengamati planet tersebut dengan menggunakan teleskop ruang angkasa NASA dan teleskop ruang angkasa Kanada. Dengan teleskop itu mereka dapat menganalisa jumlah cahaya yang planet itu tutup dari bintang induk nya saat dia lewat.

Planet yang berukuran dua kali lipat dari bumi ini, di simpulkan oleh Gillon dan Tim nya, bahwa 55 Cancri E mengandung Volatil, yaitu senyawa dengan titik didih rendah yang di temukan di permukaan. Senyawa itu terdiri dari Air, Nitrogen, dan Karbon Dioksida. Meski planet itu berbatu, ukuran nya terlalu besar  jika hanya terbuat dari batu saja.


Kehadiran Valotil ada dua kemungkinan temuan. Yang pertama adalah bahwa atmosfer itu terbuat dari hidrogen dan helium, sedikit mirip dengan atmosfer Jupiter atau Saturnus. Namun mereka mengesampingkan hal itu karena kondisi seperti itu akan menghilang ke ruang angkasa hanya beberapa juta tahun. 


Sebalik nya mereka menyimpulkan bahwa sebuah bungkusan air sekitar 20 persen dari massa Planet merupakan penyebab besarnya ukuran Planet itu, sehingga membuat nya sebagai dunia air. Sebalik nya air yang ada di Bumi hanya 0,023 persen dari massa Bumi.


Masih ingatkah kepada film Water World? Yang di bintangi oleh Kevin Costner. Nah seperti itulah dunia dari dunia 55 Cancri E. Menyeramkan bukan? Dimana mana hanya air yang terlihat.


Karena Planet tersebut dekat dengan matahari, air nya dalam kondisi di mana fase cairan dan gas menjadi satu. Planet itu juga berada dalam kondisi dimana satu sisi dibawah sinar matahari  permanen sementara sisi yang lain berada dalam kegelapan permanen. 


Bintang induk dari 55 Cancri E, yang di kenal sebagai 55 Cancri A dapat terlihat dengan mata telanjang di peta bintang CANCER.


Bintang ini salah satu dari segelintir bintang yang di kenal memiliki setidaknya lima Planet . Bagian terdalam Planet planet ini adalah 55 Cancri E. Ia di temukan pada tahun 2004.


============================================================