SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Jumat, 21 Oktober 2011

Ledakan di Nunukan Diduga Benda Angkasa Jatuh

Ledakan aneh mengejutkan warga Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Suara yang menimbulkan getaran itu diduga bersumber dari benda angkasa yang jatuh. Peristiwa itu terjadi dua kali pada Selasa malam, 18 Oktober sekitar pukul 21.00 WITA dan Rabu pagi pukul 04.00.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Kabupaten Nunukan, Hasan Basri, menjelaskan hal itu kepada kantor beritaAntara, Kamis, 20 Oktober 2011. "Saya turut merasakan adanya getaran yang diduga ditimbulkan ledakan dari sebuah benda langit yang diperkirakan jatuh di kawasan pinggir Pantai Tanah Merah, Kecamatan Nunukan," kata dia.

Namun Hasan Basri belum tahu jenis benda langit tersebut. "Ada seorang warga yang mengaku melihat kilatan cahaya sejajar dengan arah ledakan tersebut. Suara ledakan tersebut terdengar seperti dari dalam perut Bumi sehingga ledakannya tidak besar, namun getarannya terasa di seluruh Nunukan," katanya.

"Saya sempat merasakan getaran pada Selasa malam yang berlangsung sekitar satu hingga tiga detik. Getaran tersebut seperti gempa bumi, namun tidak sampai menimbulkan kerusakan," kata Hasan Basri.

Di daerah yang diduga sebagai tempat sumber ledakan itu sudah dilokalisasi dan dipasangi garis polisi. "Saat terjadinya ledakan dan getaran tersebut, kondisi laut sedang pasang dan saat surut lokasi yang diduga asal ledakan langsung diberi garis polisi. Terdapat lubang berdiameter tiga meter di tempat itu," ungkap Hasan Basri.

Sampel dari lokasi ledakan tersebut juga telah diteliti oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). "Secara pasti, belum bisa disebutkan itu benda langit sebab tidak menutup kemungkinan benda itu merupakan bom atau granat sisa peninggalan Belanda. Sampel dari lokasi ledakan masih diperiksa LAPAN," ungkap Hasan Basri.