SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Senin, 17 Oktober 2011

Inilah Bulan Purnama Terkecil Tahun Ini


JIKA sebelumnya ada fenomena Bulan super besar atau Supermoon, kali ini dunia melihat fenomena kebalikannya. Pada Selasa (11/10) malam, Bulan tercatat sebagai Bulan purnama terkecil sepanjang tahun 2011. 

Ketika melihat langit, Bulan memang mencapai fase penuhnya pada Selasa malam. Namun, bentuknya lebih kecil dari biasanya. 

Bulan purnama terkecil sepanjang tahun ini ini diprediksi terjadi 10 jam setelah puncak purnama. Diperkirakan, terjadi pada Selasa (11/10) malam pukul 02.06 GMT atau pada Rabu pukul 07.00 WIB. 

Karena itu, masyarakat Indonesia sayangnya tidak bisa menikmati fenomena alam ini karena purnama terkecil ini jatuh pada pagi hari. Hanya masyarakat Eropa dan Amerika yang bisa melihat fenomena ini. 

Fenomena Bulan purnama terkecil ini terjadi karena Bulan berada di orbit yang terjauh dari Bumi, jaraknya 406.434 kilometer. Adapun pada Maret lalu, kala terjadi Supermoon, orbit bulan sangat dekat dengan Bumi. Yakni hanya berjarak 365 ribu kilometer. 

Besar kecilnya ukuran Bulan dipengaruhi oleh pergerakan Bulan terhadap Bumi. Karena orbit bulan berbentuk elips, maka Bulan bisa berada di titik terdekat (perigee) ataupun titik terjauh (apogee). Jarak titik terjauh diperkirakan terjadi pada 3 Februari 2125, saat Bulan dan Bumi terpisah sejauh 406.720 km.