SELAMAT DATANG DI BLOG INGE INDRAWATI

My Album

Sabtu, 15 Oktober 2011

PLANET KEPLER, PLANET DENGAN 2 MATAHARI


 Sebuah planet yang diberinama planet Kepler 16-b dimana planet ini mempunyai 2 matahari, layaknya planet Tatooine, planet dalam Film Star Wars. Pada saat kita menononto film Star Wars: Luke Skywalker pasti terbesit dalam pikiran kita, masa iya ada planet dengan 2 matahari. Namun setelah beberapa lama film itu keluar ternyata para ilmuwan menemukan sebuah planet dingin yang dinamai Kepler-16b, yang besarnya kurang lebih sama dengan Planet Saturnus dan jaraknya 200 tahun cahaya dari Bumi.
video planet dengan 2 matahari

Apakah benar ada planet dengan 2 Matahari?

Seperti yang dikutip dari Daily Mail, para peneliti di Amerika Serikat dengan bantuan menggunakan hasil observasi pesawat luar angkasa Kepler yang mendeteksi planet yang mengalami kejadian matahari terbenam ganda setiap petangnya.
Alan Boss dari Carnegie Institution for Science Department of Terrestrial Magnetism mengatakan mengenai penemuan planet Kepler 16-b planet dengan 2 matahari, “Penemuan ini sangat luar biasa.” Beliau juga menambahkan, “Satu lagi, apa yang awalnya kita anggap hanya ada dalam fiksi sains, terbukti nyata.”
Sepasang bintang, dua matahari yang saling memutari satu sama lain, telah terlihat sebelumnya. Dulu, ilmuwan baru dalam tahap menduga, ada planet yang berada di antara mereka. Hasil pengamatan Kepler lah yang mengkonfirmasi keberadaannya untuk kali pertama.
Gravitasi yang dihasilkan tarikan dua bintang jauh berbeda dibandingkan yang diakibatkan hanya satu bintang. Yang membuat temuan ini unik adalah, dua matahari saling menggelapkan satu sama lain.
Planet Kepler 16-b atau planet dengan 2 matahari ini jauh berbeda dengan Tatooine dalam Fim Star Wars yang digambarkan sebagai planet bergurun dan berbatu. Kepler-16 adalah planet gas yang dingin. Karena dua mataharinya kecil dari pada yang berada dekat Bumi, suhu permukaan Kepler 16-b diduga minus 73 sampai minus 100 derajat Celcius.
Juga tak mirip Tatooine, kecil kemungkinan Kepler-16 memiliki atau bisa mendukung kehidupan. “Kepler 16-b adalah yang pertama, contoh ambigu dari circumbinary planet, planet yang mengorbit di dua bintang sekaligus,” kata peneliti, Josh Carter.
Peneliti di Amerika Serikat juga berani mengatakan bahwa planet kepler 16-b atau planet dengan 2 matahari itu mampu mendukung kehidupan.
Namun benar atau tidaknya planet dengan 2 matahari ini dapat mendukung kehidupan disana ya hanya rahasia Tuhan saja mungkin, tapi sebagai manusia yang diberikan ilmu pengetahuan kita haru tetap mencari tahu dan mempelajari lebih jauh lagi.
Semoga info mengenai planet dengan 2 matahari atau yang para ilmuwan sebut dengan planet kepler 16-b ini dapat menambah pengetahuan kita semua bahwa ada planet diluar sana yang bisa dibilang adalah planet dengan 2 matahari. Inilah kekuasaan dari Tuhan.